Top Menu

hack-efaktur-mem_config

Update E-Faktur, Update mem_config

ePajak – Pada aplikasi e-faktur versi windows terdapat satu file yang update-nya tidak berjalan otomatis. File ini bernama mem_config dengan ekstensi bat. Ini merupakan jenis file untuk windows. Jika ingin memeriksa ada tidaknya file ini di aplikasi e-faktur, silakan buka folder di mana aplikasi e-faktur Anda jalankan. Tugas file ini dalam aplikasi e-faktur adalah mengatur penggunaan (konsumsi) memori pada komputer.

Belum lama ini DJP mencantumkan file ini sebagai salah satu file yang perlu di-update secara manual. Tidak ada penjelasan mengenai apa yang diperbaiki dari file ini dan apa kegunaan (manfaat) dari melakukan update mem_config. Yang pasti, jika Anda menggunakan aplikasi e-faktur dummy yang mana file mem_config-nya masih file lama, atau aplikasi e-faktur versi awal, ada baiknya Anda melakukan update mem_config.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, tugas file ini adalah mengatur konsumsi memori pada komputer. Secara default, mem_config mengambil jatah ¼ memori komputer yang tidak digunakan. Permasalahan yang biasanya timbul (error e-faktur) dari gangguan memori adalah force close atau e faktur mati (e-faktur tertutup) sendiri. Jika aplikasi e-faktur di windows Anda mengalami error semacam itu, maka sebaiknya Anda update mem_config kemudian setting ulang mem_config. [Artikel cara setting mem_config dapat dibaca di sini]

Hubungan mem_config dengan RAM

Bagaimana hubungan mem_config dengan penggunaan memori di komputer Anda? Berikut contoh kasus sebagai penjelasan.

Memori terpasang (RAM) di komputer A sebesar 4GB. Pada komputer ini terinstall berbagai macam aplikasi sehingga menyisakan memori yang masih bisa dipakai hanya sebesar 128MB. Ketika mem_config mengikuti settingan default, maka e-faktur hanya kebagian jatah memori sebesar ¼ x 128MB, atau 32MB. Semakin banyak aplikasi berjalan bersamaan pada komputer Anda, memori yang tersisa semakin sedikit dan akibatnya e-faktur force close.

Solusi untuk masalah ini, matikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Atau jika perlu uninstall program yang tidak dipakai atau kurang penting. Selanjutnya, update mem_config, kemudian setting mem_config, misal jika RAM 4GB, Anda dapat men-setting jatah untuk e-faktur 1GB. [Baca: Cara NgeHack E-Faktur Agar Tambah Cepat] Dengan penjatahan ini, aplikasi e-faktur mendapat prioritas penggunaan RAM pada komputer Anda dibanding dengan program-program lain yang dijalankan pada saat bersamaan.

Semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,

Ruang tanggapan ditutup.

Discuss Tax While Drinking Coffee.e-pajak-simbol