Top Menu

cara-menjalankan-e-faktur-di-linux

Cara Install E-Faktur Versi Linux di Linux Mint

ePajak – Linux merupakan salah satu operating system (OS) di mana e-faktur dapat dijalankan, -selain di windows dan MacOs. Cukup disayangkan jika pengembang e-faktur dalam hal ini pihak DJP, tidak memberikan panduan bagaimana mengoperasikan aplikasi e-faktur versi Linux dan e-faktur versi MacOs. Terlebih lagi tidak tersedia e-faktur dummy untuk dua versi aplikasi e-faktur selain untuk windows ini.

Kali ini ePajak akan sedikit berbagi cerita bagaimana cara install aplikasi e-faktur pada OS Linux. Khusus dalam percobaan ini, kami menggunakan e-faktur versi linux di Linux Mint. Perlu diketahui, varian OS berbasis linux ini cukup banyak. Ada Ubuntu, Debian, Fedora, OpenSuse, Mageia, Centos untuk server dan masih banyak lagi. Kami menggunakan Linux Mint karena OS ini yang (menurut kami) sangat mirip dengan windows. Jika Anda tertarik menggunakan Linux Mint, Anda dapat men-download Linux Mint gratis di sini.

Pengguna linux pun cukup banyak. OS yang gratis, handal dan fleksibel bisa jadi alasan utama. Untuk pengembangan usaha kecil dan menengah, tidak ada salahnya dukungan penuh penggunaan linux ini diberikan. Tidak terkecuali dalam hal menggunakan aplikasi e-faktur.

Persiapan Instal E-Faktur versi Linux

Untuk spesifikasi komputer yang dapat menjalankan linux mint ini cukup tinggi. Spesifikasi minimal disarankan untuk dapat menjalankan Linux Mint dan E-Faktur:

  • Processor Intel Atom
  • Memory 2 GB RAM
  • Kapasitas kosong harddisk 20GB
  • Monitor/layar VGA dengan minimal resolusi layar 1024×768
  • Mouse
  • Keyboard

Di linux mint versi terbaru (Linux Mint Rafaela), program untuk PDF dan Java versi 7 sudah tertanam di dalamnya. Jadi kita tinggal ekstrak folder e-faktur versi linux. Jika kita tidak tahu bit system di komputer yang akan digunakan, untuk amannya, gunakan e-faktur untuk linux 32bit. Jika Anda belum memiliki aplikasi e-faktur untuk linux, silakan download e faktur:




Simpan hasil download tersebut di tempat yang mudah ditemukan, misalnya di MyDocument. Buatlah satu folder untuk aplikasi e-faktur, misalnya E_Faktur. Langkah selanjutnya, ekstrak aplikasi e-faktur ke folder E_Faktur. Isi folder kurang lebih seperti gambar berikut:

cara-install-e-faktur-di-linux

Instalasi E-Faktur Versi Linux

Langkah selanjutnya, jalankan operasi terminal dari folder E_Faktur. Ketik perintah:

./mem_config.sh

Ini akan membawa kita pada perintah alokasi memory untuk E-Faktur. Kami memilih menggunakan memory 512MB. Anda dapat menirunya sepanjang kapasistas memory komputer memadai. Jika tidak yakin, kosongkan saja dan langsung tekan Enter.

cara-install-e-faktur-versi-linux

ketik ./mem_config.sh di terminal folder untuk menambah alokasi memory untuk e-faktur

Akan muncul pertanyaan: Apakah Anda ingin menjalankan aplikasi E-Faktur? [Y/N]

Anda dapat memilih Y/N. Namun jika Anda menekan Y, maka aplikasi e-faktur Anda belum dapat berjalan. Jika Anda menekan N, maka aplikasi e-faktur tidak berjalan. Yang harus Anda lakukan adalah membuat aplikasi e-faktur dapat di-execute oleh Linux. Hal ini karena aplikasi e-faktur tidak terbaca sebagai program yang bisa dieksekusi Linux.

Anda juga tidak dapat menambahkan e-faktur dengan perintah: sudo apt-get install namaAplikasinya, karena e-faktur tidak installable di linux. Untuk menjalankan e-faktur di linux, ubah dulu file permission dengan mengetik di terminal folder:

chmod u+x ETaxInvoice

Perhatikan bahwa semua huruf harus sama persis. Pengubahan akan gagal jika Anda ketik, misalnya eTaxinvoice atau Etaxinvoice.

cara-menjalankan-e-faktur-versi-linux-mint

ketik chmod u+x ETaxInvoice untuk mengubah ETaxInvoce jadi executable

Setelah pengubahan file tersebut, selanjutnya ketik:

./ETaxInvoice

Aplikasi e-faktur akan berjalan pada Linux Mint. Isi di folder E_Faktur akan berubah menjadi seperti gambar berikut:

e-faktur-versi-linux-isi-folderInstalasi selesai. Jika e-faktur tidak melakukan update, itu berarti komputer Anda tidak terhubung dengan internet. (Baca juga: Error E-Faktur, Masalah Install E-Faktur dan Troubleshooting). Untuk langkah selanjutnya, seperti aktivasi e-faktur, instal sertifikat elektronik pada e-faktur, tidak berbeda dengan aplikasi e-faktur untuk windows. Selamat mencoba.

, , , , , , , , , , ,

Ruang tanggapan ditutup.

Discuss Tax While Drinking Coffee.e-pajak-simbol