Top Menu

cara-instal-e-faktur-dummy-atau-e-faktur-trial-version

Cara Install E-Faktur Trial Version

ePajak – Artikel cara install aplikasi E-faktur trial version ini disajikan untuk membantu para pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari aplikasi e-faktur. Tentu ini sangat diperlukan sebelum para mahasiswa perpajakan memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Namun demikian, tidak ada larangan bagi Anda, Pengusaha Kena Pajak yang ingin bersiap-siap, atau mencoba seperti apa aplikasi e-faktur, sebelum menerapkan pada perusahaan atau bisnis Anda.

Aplikas e-faktur trial version atau versi demo ini disediakan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sebelum melakukan download e-faktur versi demo dan melakukan penginstalan pada komputer Anda, ada baiknya Anda memahami perbedaan e-faktur trial version dengan e-faktur original. Perbedaan tersebut antara lain:

  • E-faktur trial version tidak memerlukan sertifikat elektronik untuk menjalankannya.
  • E-faktur trial version telah menyediakan database demo atau dummy, sehingga versi trial ini dikenal juga dengan e-faktur dummy. Meskipun terdapat database dummy, namun pengguna yang ingin belajar dapat membuat database baru sesuai dengan keinginannya.
  • E-faktur trial version tidak dapat digunakan untuk meminta nomor seri faktur pajak. Sebagai ajang uji coba, e-faktur versi demo ini dapat diisi dengan nomor seri faktur suka-suka Anda.
  • E-faktur trial version dapat menghasilkan contoh e-faktur dengan nomor seri yang Anda buat.

Pada intinya, fungsi-fungsi yang ada pada aplikasi e-faktur original tersedia juga di aplikasi e-faktur versi demo. Namun versi demo tidak dapat terhubung dengan server otentifikasi Direktorat Jenderal Pajak karena tidak ada sertifikat elektronik pajak, sehingga tidak dapat menghasilkan faktur pajak elektronik yang sah menurut perundang-undangan yang berlaku. Cukup lengkap bukan?

Install E-Faktur Trial Version

Berikut ini tutorial cara instal aplikasi e-faktur trial version. Pada intinya, tutorial instal ini tidak berbeda dengan tutorial cara install Aplikasi E-Faktur original.

1. Persiapkan komputer dengan spesifikasi teknis minimal sebagai berikut:

  • Processor Intel Atom
  • Memory 1 GB RAM



  • Kapasitas kosong harddisk 15GB
  • Monitor/layar VGA dengan minimal resolusi layar 1024×768
  • Mouse
  • Keyboard

2. Selanjutnya, pastikan di komputer Anda telah terinstall Adobe Reader dan Java versi 1.7 hingga sebelum versi 1.8. Jika belum terinstall, Anda dapat menginstall program-program tersebut terlebih dahulu.

3. Kemudian Anda dapat download e-faktur trial version.

Download E-Faktur trial version untuk sistem operasi windows 32 bit.

Download E-Faktur trial version untuk sistem operasi windows 64 bit.

4. Setelah download, Anda dapat menyimpan hasil download yang masih dalam bentuk zip ke flashdisk atau komputer Anda. Ekstraklah seluruh file dalam satu folder. Jika Anda pelajar atau mahasiswa, tentu lebih nyaman menyimpan di flashdisk. Aplikasi e-faktur versi demo ini dapat dijalankan juga melalui flashdisk.

Namun jika Anda pengusaha kena pajak, jangan melakukan peng-ektrakan pada komputer yang sama di mana terdapat aplikasi e-faktur original. Hal ini berisiko menghapus file-file pada folder aplikasi e-faktur original. Selain itu, jika dijalankan bersama, dapat berakibat konflik.

5. Setelah terekstrak sempurna, jalankan aplikasi e-faktur dummy sesuai dengan sistem operasi windows Anda dengan cara klik EtaxInvoice. EXE. Jika windows 32 bit maka yang digunakan adalah e-faktur untuk windows 32 bit.

Anda tidak harus terhubung ke internet untuk menjalankan e-faktur versi dummy ini. Setelah Anda klik EtaxInvoice. EXE, aplikasi akan melakukan update. Biarkan saja, dan jika ada peringatan, tetap lanjutkan. Aplikasi akan menampilkan pilihan koneksi database.

6. Pilih lokal database kemudian tekan Connect. Anda akan menemukan form username dan password untuk login e-faktur trial version. Nah, catat username dan password e-faktur trial version ini:

cara-install-e-faktur-trial-versionNama user: Admin

Password: 123

Jika berhasil, akan muncul tampilan muka seperti gambar berikut:

cara-instal-e-fakturSelanjutnya Anda dapat bereksperimen dengan aplikasi e-faktur trial version, termasuk membuat user-user baru sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba.

, , , , , , , , , ,

2 tanggapan ke Cara Install E-Faktur Trial Version

  1. Hansen Cokro 6 Agustus 2015 pada 7:21 am #

    Terima kasih atas sharenya pak.
    Trial dummynya berlaku berama lama ya?

  2. Fordis 6 Agustus 2015 pada 12:33 pm #

    Terima kasih kembali. Untuk trial dummy sepertinya tidak ada pembatasan penggunaan Pak @Hansen Cokro

Discuss Tax While Drinking Coffee.e-pajak-simbol