Top Menu

kasus-e-faktur-gagal-update-dan-solusinya

Kasus E-Faktur: Update E-Faktur Berulang pada Windows 7

ePajak – Beberapa waktu lalu muncul kasus e-faktur yang sempat membuat kehebohan para pengguna aplikasi e-faktur. Kasus e-faktur ini terjadi di mana proses update e-faktur secara otomatis gagal atau error. Beberapa pembaca menyampaikan keluhan bahwa mereka telah melakukan download update e-faktur 100% dan sukses. Namun begitu notifikasi sukses di-close dan mulai menjalankan aplikasi e-faktur lagi, proses download terjadi lagi dan begitu terus secara berulang-ulang.

E-Pajak sebelumnya telah berbagi tip mengatasi kasus e-faktur untuk error e-faktur tersebut. Namun tampaknya tidak semua dapat berjalan mulus. Kini DJP telah merilis update e-faktur terbaru versi 1.0.0.432 dan beberapa pengguna masih mengeluhkan hal yang sama.

Artikel ini secara khusus terkait kasus e-faktur untuk pengguna aplikasi e-faktur pada operating system (OS) Windows 7 di mana keluhan update berulang e-faktur seringkali dikeluhkan terjadi. Namun jika ternyata Anda mengalami masalah e-faktur yang sama dan dengan kondisi yang sama, mungkin Anda juga bisa menerapkan solusi yang ditawarkan.

Kasus E-Faktur Gagal Update dan Download E-Faktur Update Berulang-ulang

Pemicu utama dari masalah update e-faktur berulang ini diduga adalah adanya duplikasi aplikasi pada komputer pengguna yang memasang e-faktur pada windows 7. Terlepas apakah duplikasi ini akibat komputer terserang virus atau memang secara otomatis windows 7 menduplikasi program.

Pada komputer dengan sistem operasi windows, di drive C: -tempat di mana program-program dijalankan, terdapat folder Program files. Ketika pengguna e-faktur menempelkan folder aplikasi e-faktur pada folder Program Files, kemudian menjalankannya, maka akan ada duplikasi aplikasi e-faktur di folder VirtualStore. Letak folder ini pada hirarki folder windows sebagai berikut:

DRIVE C:

–>Users

—>nama user (misal username Anda di windows NN, maka nama folder NN)

—->AppData (folder ini hidden. Anda harus mengubah setting view folder terlebih dahulu untuk dapat melihat folder ini)

—–>Local

——>VirtualStore

——->Program Files

——–>Folder aplikasi e-faktur Anda

Di dalam folder VirtualStore terdapat folder Program Files lagi. Di dalam folder inilah, folder aplikasi e-faktur Anda ada duplikasinya.

Akibat dari itu, jika setiap kali Anda sukses download e-faktur update-an terbaru, file update tersebut akan di simpan pada folder ini. Padahal sebelumnya Anda menjalankan aplikasi e-faktur dari folder Program Files di Drive C. Akibatnya, begitu Anda menjalankan aplikasi e-faktur, aplikasi e-faktur akan melakukan download lagi, begitu berulang-ulang karena e-faktur gagal meng-update database yang terletak di dua folder dalam komputer Anda.

Solusi mengatasi masalah download update e-faktur berulang-ulang seperti kasus e-faktur di atas:

  • hapus folder aplikasi e-faktur yang terdapat pada VirtualStore. Pastikan hanya ada satu aplikasi e-faktur pada komputer Anda
  • Pindahkan folder aplikasi e-faktur dari folder Program Files di Drive C. Dengan kata lain, taruh aplikasi e-faktur di Drive D (jika disk drive komputer Anda sudah dipartisi)
  • Jika sudah yakin, jalankan e-faktur seperti biasa. Update e-faktur secara otomatis semoga sukses.

, , , , , ,

Comments are closed.

Discuss Tax While Drinking Coffee.e-pajak-simbol