Top Menu

solusi-troubleshooting-e-faktur

Error E-Faktur: Masalah Install E-Faktur (Troubleshooting) #1

ePajak – Secara garis besar, error e-faktur (troubleshooting), atau gangguan masalah dalam menjalankan aplikasi e-faktur, secara umum dapat dikelompokkan menjadi 4. Pengelompokan ini ini dilihat dari penyebab error e-faktur yang terjadi. Keempat penyebab error e-faktur tersebut:

  1. Error e-faktur yang disebabkan PC Anda
  2. Error e-faktur yang disebabkan aplikasi e-faktur
  3. Error e-faktur yang disebabkan sistem jaringan LAN
  4. Error e-faktur yang disebabkan dari server DJP.

Tentu masih ada penyebab lain selain keempat hal di atas. Biasanya termasuk dalam kategori human error.

Error aplikasi e-faktur ini didokumentasikan dari PC yang menggunakan sistem operasi windows. Jadi jika Anda install e-faktur di linux atau install e-faktur di MacOs, barangkali troubleshooting e-faktur-nya tidak sama. Perlu diketahui, e-faktur versi demo (trial version) yang kami peroleh adalah e-faktur untuk Windows. Dengan mengetahui penyebab troubleshooting ini, diharapakan pengguna e-faktur dapat lebih mudah mencari solusi untuk setiap gangguan masalah pada e-faktur.

Mari kita bahas satu per satu penyebab troubleshooting e-faktur ini.

e-Faktur Error yang Disebabkan PC Anda

Salah satu penyebab gangguan pada e-faktur, bisa jadi PC yang digunakan. Gangguan yang menyebabkan e-faktur tidak berjalan sebagaimana mestinya ini, dipicu oleh spesifikasi PC yang digunakan (hardware) dan sofware pada PC Anda.

Supaya tidak timbul masalah, ada baiknya Anda menyediakan kelonggaran untuk spesifikasi hardware PC Anda, misal hardisk space lebih besar atau menambah RAM PC Anda. Sebagai contoh, salah satu keluhan terkait spek PC untuk e-faktur yang disampaikan adalah aplikasi e-faktur lambat memproses transaksi impor data. Untuk solusi masalah e-faktur ini, silakan baca Cara Ngehack E-Faktur Agar Lebih Cepat.

Selain karena hardware, gangguan juga bisa terjadi karena software di PC Anda. Software yang tidak compatible cenderung menyebabkan konflik, misalnya Anda install e-faktur pada windows 98. Contoh lain, Anda install e-faktur pada PC yang terdapat antivirus di mana aplikasi e-faktur dianggap tidak aman, maka antivirus tersebut akan memblok aplikasi e-faktur. Pada setting OS Windows 7 yang tidak mengijinkan aplikasi berjalan otomatis, Anda harus mengubah setting agar Windows mengijinkan aplikasi berjalan di PC Anda. Sedangkan pada PC dengan firewall aktif, Anda harus memasukkan aplikasi e-faktur dalam daftar perkecualian. Untuk membuat perkecualian pada PC berbasis Windows, Anda dapat melakukan langkah berikut:

troubleshooting-e-faktur-karena-firewall

Masukkan aplikasi e-faktur dalam daftar yang dikecualikan dari pemblokiran firewall.

Buka Aplikasi Windows Firewall dari Control Panel, pilih Allow a program or feature through Windows Firewall , tekan tombol Change Settings dan tekan Allow another program, setelah itu tekan tombol browse arahkan ke Folder di mana File ETaxInvoice.exe berada.

Contoh gangguan e-faktur lainnya adalah aplikasi e-faktur tidak melakukan update e-faktur. Gangguan ini terjadi karena komputer tidak terhubung ke internet. Anda dapat menghubungkan komputer Anda ke internet dengan modem, wifi atau kabel LAN. Jika komputer Anda sudah terhubung di jaringan intranet kantor, baik melalui wifi atau LAN, namun tidak dapat konek internet, pastikan Anda telah melakukan setting proxy. Berikut langkah untuk melakukan setting Proxy:

troubleshooting-e-faktur-karena-proxy

Tanyakan ke bagian IT perusahaan jika Anda tidak paham IP dan port komputer Anda.

  1. Pilih menu Referensi > Setting Aplikasi. Akan tampil form untuk melakukan konfigurasi proxy.
  2. Beri tanda √ pada keterangan Memakai Proxy Server
  3. Isi IP Server dengan IP Proxy
  4. Isi Port Proxy
  5. Isi Username untuk koneksi Proxy
  6. Isi Password untuk koneksi Proxy
  7. Klik tombol Simpan. Akan tampil informasi “Setting berhasil disimpan”. Klik tombol OK

(Jika Anda tidak tahu IP Server dan Port Proxy yang harus diisikan, tanyakan ke bagian IT yang mengelola jaringan komputer di perusahaan Anda.)

Untuk mencegah masalah e-faktur karena PC Anda, pastikan Anda mengikuti saran pada tahap persiapan untuk Install E-faktur. (Silakan baca: Cara Instal E-Faktur)

e-Faktur Error yang Disebabkan Aplikasi E-Faktur

Berikut ini beberapa masalah yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan aplikasi e-faktur versi lama:

  • DPP PPN tidak dapat menerima nilai 0
  • E-faktur tidak dapat melihat Preview Faktur, sebelum melakukan approval
  • Nilai tidak balance ketika upload Faktur
  • Template Faktur PM tidak terdapat tanda tangan (digital) dan Referensi
  • Tidak dapat membuat CSV untuk SPT Pembetulan
  • Tanggal yang bermasalah di Cetakan Faktur Pajak

Mungkin Anda menemukan masalah lain selain masalah di atas. Ada baiknya Anda memberi tahu ke DJP jika menemukan masalah e-faktur yang disebabkan oleh aplikasi e-faktur. Dan untuk mencegah gangguan yang timbul dari aplikasi e-faktur, pastikan Anda selalu melakukan update aplikasi e-faktur terbaru.

Untuk melihat daftar error e-faktur dan solusinya, silakan download Katalog Error E-Faktur.

, , , , , , , , ,

Ruang tanggapan ditutup.

Discuss Tax While Drinking Coffee.e-pajak-simbol